KELAS : 3EA11
NPM : 12212544
TUGAS 1
SOAL!
APA PENGERTIAN DAN TUJUAN PERILAKU KONSUMEN?
JAWABAN
# PENGERTIAN MENURUT AHLI :
1. Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
2. Menurut Lamb, Hair dan Mc.Daniel menyatakan bahwa
perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat
keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang
dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian dan penggunaan produk.(Rangkuti,2002:91)
3. Menurut Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan
yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan
produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti
tindakan ini.
# INTI DARI PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen dapat disarikan dari semua
definisi diatas sebagai studi tentang proses pengambilan keputusan oleh
konsumen dalam memilih, membeli,memakai serta memanfaatkan
produk,jasa,gagasan, atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan
dan hasrat konsumen.
# TUJUAN MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN
Pertama, konsumen
sebagai titik sentral perhatian pemasaran. Mempelajari apa yang dibutuhkan dan
diinginkan konsumen pada saat ini adalah hal yang sangat penting. Memahami
konsumen akan menuntut pemasar pada kebijakan pemasaran yang tepat dan efisien.
Misalnya saja ketika pemasar mengetahui bahwa konsumen yang menginginkan produknya
hanya sebagian kecil saja dari suatu populasi, dan dengan karakteristik yang
khusus, maka upaya-upaya pemasaran produk bisa diarahkan dan difokuskan pada
kelompok tersebut. Dengan memfokuskan bidikan, maka biaya yang dikeluarkan
untuk promosi akan lebih murah dan tepat sasaran. Untuk mengetahui keinginan
dan kebutuhan konsumen, maka persepsi, cara memperoleh informasi, sikap,
demografi, kepribadian dan gaya hidup konsumen perlu dianalisis. Selain itu
juga perlu dianalisis aspek lingkungan seperti budaya, kelas sosial, kelompok
rujukan, proses komunikasi, keluarga dan lain-lain yang semuanya bisa
mempengaruhi perilaku konsumen.
Kedua,
perkembangan perdagangan pada sait ini menunjukkan bahwa lebih banyak produk
yang ditawarkan daripada permintaan. Kelebihan penawaran ini menyebabkan banyak
produk yang tidak terjual atau tidak dikonsumsi oleh konsumen. Kelebihan
penawaran tersebut bisa disebabkan oleh faktor seperti kualitas barang tidak
layak, tidak memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, atau mungkin juga
karena konsumen tidak mengetahui nkeberadaan produk tersebut. Dari tiga faktor
penyebab kelebihan penawaran di atas, dua faktor pertama berhubungan langsung
dengan konsumen dan faktor ketiga disebabkan oleh kurangnya produsen dalam
mengomunikasikan produk kepada konsumen. Oleh karena itu, sudah selayaknya
perilaku konsumen menjadi perhatian penting dalam pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar