KELAS : 3EA11
NPM : 12212544
Perilaku konsumen terhadap pembelian atau belanja online
a.
Factor kepercayaan (trust)
Ketika seseorang berbelanja online
, hal utama yang menjadi pertimbangan seorang pembeli adalah apakah mereka
[ercaya kepada website yan menyediakan online shopping dan penjual inline pada
website tersebut . Kepercayaan pembeli terhadap website online shopping
terletak pada popularitas website online shoppinf ersebut. Semakin popularitas
suatu webite , maka pembeli lebih yakin dan percaya terhadap reliabilitas
webwatie tersebut . Selanjutnya , kepercayaan pembeli terhaddap penjual online
terkait dengan keberadaan penjual online . semakin berkembangnya teknologi ,
semakin berkembang pula modus penipuan berbasis teknologi pada onlone shopping
. pada situs – situ online shopping , tidak sedikit penjual online fiktik yang
memasarkan produk fiktif juga . seorang pebeli harus terlebh dahulu untuk
mengecek keberadaan penjual online . biasanya pada situs online shopping ,
situs akan menampilkan informasi tentang penjual – penjual yang “lapaknya”
sering diakses oleh orang . pembeli dapat memanfaatkan informasi ini ketika
akan membeli online .
b.
Factor Kemudahan (ease of use)
Hal yang menjai pertimbangan
selanjutnya bagi pembeli online adalah factor kemudahana enggunaan . factor kemudahan
ini terkait dengan bagaimana operasional betransaksi secara online . biasanya
calon pembeli akan mengalami kesulitan pada saat pertaman kali bertransaksi
online , dan cenderung mengurungkan niatnya karena factor keamanan serta tidak
tahu cara bertransaksi online . di lain pihak , ada juga calon pembeli yang
berinisiatif untuk mencoba aenatela mendapatkan informasi tentang cara
bertransaksi online . suatu website online shopping yang baik adalah yang
menyediakan petunjuk acara bertransaksi online , mulai dari cara pembayaran ,
dan fitur pengisian form pembelian .
c.
Factor Kualitas Informasi (information quality)
Informasi yang disajikan pada
onine shop sebainya mencakup informasi berkaitan dengan produk dan jasa yang
ada pada online shopping . informasi tersebut sebaiknya beguna dan relevan
dalama memprediksi kualitas dan kegunaan produk atau jasa . untuk memuaskan
kebutuhan informasi kosnumen / pembeli online , informasi produk dan jasa harus
up – to – date , membantu pembeli online dalam embuat keputusan , konsisten dan
mudah dipahami .
Perilaku Konsumen (consumer behaviour)
Pemahaman mengenai perilaku konsumen sangatlah penting dalam
pemasaran . menurut Engel , et al (1994) , perilaku konsumen adalah suatu
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan , mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk keputusan mendahului dan menyusuli
tindakan ini . terdapat dua elemen penting dari arti perilaku kosnumen , yaitu
(1) proses pengambilan keputusan dan (2) kegiatan fisik yang melibatkan
individu dalam menilai , mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa ekonomis (swastha
, 1990) .
Menurut Kotler dan Amstrong (2001) , tterdapat beberapa factor
yang mempengaruhi perilaku konsumen , diantaranya yaitu factor psikologis .
adapun macam dari faktoe psikologis ini antara lain yaitu :
1.
Motivasi
Suatu kebutuhan yang secara cukup
dirangsang untuk membuat seseorang mencari kepuasan atas kebutuhannya .
2.
Persepsi
Proses dimana seseorang meilih ,
mengatur dan menginterprestasikan infi=ormasi untuk membentuk gambaan yang
berarti mengenai dunia .
3.
Pembelajaran
Perubahan pada perilaku indvidu
yang muncul dari pengalaman .
4.
Keyakinan
Pemikiran deskriptif seseorang
mengenai sesuatu dan sikap menggambarkan penilaian , perasaan , dan
kecenderungan yang relative konsisten dari seseorang atas sebuah obyek atau
gagasan .
Dengan memilih , mengatur dan menginterpestasikan hal – hal terkait
produk yang ditawarkann dalan FJB (Forum Jual BEli) , konsumen akan dapat
merasakan bahwa mereka puas atau tidak puas terhadap kualitas peroduk yang
ditawarkan . jika mereka merasa puas , maka mereka akan memilih untuk membeli
produk lewat FJB di situs online di masa depan , begitu juga sebaliknya . oleh
karena itu , keputusan pembelian tepat untuk meneliti perilaku berbelanja
onlibe pada diri konsumen .
Belanja Online
Belanja online adalah proses dimana konsumen secara langsung
membeli barang – barang , jasa dan lain – lain dari seoarag penjual secara
interaktif dan real – time tanpa suatu media perantara melalui internet itu .
melalui belanja lewat internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu
barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar