Kamis, 08 Januari 2015

PERILAKU KONSUMEN

NAMA : ERNESTINA FORTUNE A
KELAS : 3EA11
NPM : 12212544

Perilaku konsumen terhadap pembelian atau belanja online

a.       Factor kepercayaan (trust)

Ketika seseorang berbelanja online , hal utama yang menjadi pertimbangan seorang pembeli adalah apakah mereka [ercaya kepada website yan menyediakan online shopping dan penjual inline pada website tersebut . Kepercayaan pembeli terhadap website online shopping terletak pada popularitas website online shoppinf ersebut. Semakin popularitas suatu webite , maka pembeli lebih yakin dan percaya terhadap reliabilitas webwatie tersebut . Selanjutnya , kepercayaan pembeli terhaddap penjual online terkait dengan keberadaan penjual online . semakin berkembangnya teknologi , semakin berkembang pula modus penipuan berbasis teknologi pada onlone shopping . pada situs – situ online shopping , tidak sedikit penjual online fiktik yang memasarkan produk fiktif juga . seorang pebeli harus terlebh dahulu untuk mengecek keberadaan penjual online . biasanya pada situs online shopping , situs akan menampilkan informasi tentang penjual – penjual yang “lapaknya” sering diakses oleh orang . pembeli dapat memanfaatkan informasi ini ketika akan membeli online .

b.      Factor Kemudahan (ease of use)

Hal yang menjai pertimbangan selanjutnya bagi pembeli online adalah factor kemudahana enggunaan . factor kemudahan ini terkait dengan bagaimana operasional betransaksi secara online . biasanya calon pembeli akan mengalami kesulitan pada saat pertaman kali bertransaksi online , dan cenderung mengurungkan niatnya karena factor keamanan serta tidak tahu cara bertransaksi online . di lain pihak , ada juga calon pembeli yang berinisiatif untuk mencoba aenatela mendapatkan informasi tentang cara bertransaksi online . suatu website online shopping yang baik adalah yang menyediakan petunjuk acara bertransaksi online , mulai dari cara pembayaran , dan fitur pengisian form pembelian .

c.       Factor Kualitas Informasi (information quality)

Informasi yang disajikan pada onine shop sebainya mencakup informasi berkaitan dengan produk dan jasa yang ada pada online shopping . informasi tersebut sebaiknya beguna dan relevan dalama memprediksi kualitas dan kegunaan produk atau jasa . untuk memuaskan kebutuhan informasi kosnumen / pembeli online , informasi produk dan jasa harus up – to – date , membantu pembeli online dalam embuat keputusan , konsisten dan mudah dipahami .

Perilaku Konsumen (consumer behaviour)

Pemahaman mengenai perilaku konsumen sangatlah penting dalam pemasaran . menurut Engel , et al (1994) , perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan , mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk keputusan mendahului dan menyusuli tindakan ini . terdapat dua elemen penting dari arti perilaku kosnumen , yaitu (1) proses pengambilan keputusan dan (2) kegiatan fisik yang melibatkan individu dalam menilai , mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa ekonomis (swastha , 1990) .
Menurut Kotler dan Amstrong (2001) , tterdapat beberapa factor yang mempengaruhi perilaku konsumen , diantaranya yaitu factor psikologis . adapun macam dari faktoe psikologis ini antara lain yaitu :

1.       Motivasi
Suatu kebutuhan yang secara cukup dirangsang untuk membuat seseorang mencari kepuasan atas kebutuhannya .
2.       Persepsi
Proses dimana seseorang meilih , mengatur dan menginterprestasikan infi=ormasi untuk membentuk gambaan yang berarti mengenai dunia .
3.       Pembelajaran
Perubahan pada perilaku indvidu yang muncul dari pengalaman .
4.       Keyakinan
Pemikiran deskriptif seseorang mengenai sesuatu dan sikap menggambarkan penilaian , perasaan , dan kecenderungan yang relative konsisten dari seseorang atas sebuah obyek atau gagasan .
Dengan memilih , mengatur dan menginterpestasikan hal – hal terkait produk yang ditawarkann dalan FJB (Forum Jual BEli) , konsumen akan dapat merasakan bahwa mereka puas atau tidak puas terhadap kualitas peroduk yang ditawarkan . jika mereka merasa puas , maka mereka akan memilih untuk membeli produk lewat FJB di situs online di masa depan , begitu juga sebaliknya . oleh karena itu , keputusan pembelian tepat untuk meneliti perilaku berbelanja onlibe pada diri konsumen .

Belanja Online


Belanja online adalah proses dimana konsumen secara langsung membeli barang – barang , jasa dan lain – lain dari seoarag penjual secara interaktif dan real – time tanpa suatu media perantara melalui internet itu . melalui belanja lewat internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar